Serangan Siber Terhadap Penyedia Layanan TI Adesso: Sistem Disusupi, Data Disalin

Penyedia layanan TI Adesso menjadi korban serangan dunia maya yang menyebabkan data internal bocor. Perusahaan Dortmund mengonfirmasi hal ini pada Rabu sore atas permintaan heise online. Menurut pernyataan dari Adesso, beberapa sistem telah “disusupi untuk sementara”. Penyerang “melihat informasi yang terisolasi dan file yang diunduh”.

heise online sebelumnya mengikuti indikasi bahwa sistem Adesso telah disusupi dan dieksplorasi oleh penyerang profesional. Adesso kini telah menjelaskan bahwa dia mengetahui serangan 11 Januari dan segera mengambil tindakan balasan. Sementara itu, menurut temuan perusahaan sendiri, tidak ada sistem lain yang disusupi. “Kami saat ini tidak mencatat aktivitas tidak sah apa pun di jaringan Adesso,” kata pernyataan itu. Adesso tidak menanggapi pertanyaan heise online tentang sistem yang disusupi.

Menurut keadaan pengetahuan saat ini, sistem pelanggan tidak terpengaruh

heise online juga menerima indikasi bahwa Adesso mungkin tidak mengambil tindakan yang cukup cepat untuk melindungi informasi pelanggannya. Karyawan penyedia layanan TI seringkali memiliki akses ke informasi dan jaringan pelanggan.

Adesso sekarang menekankan dalam siaran persnya bahwa data dan sistem pelanggan tidak terpengaruh oleh serangan “dalam pengetahuan saat ini”. “Kami tidak memiliki indikasi atau pengetahuan bahwa data pelanggan telah bocor atau infrastruktur yang terhubung telah diserang.” Saat ditanya apakah Adesso telah memberi tahu pelanggannya, perusahaan menjawab bahwa mereka “telah memberi tahu secara tepat sasaran berdasarkan situasi saat ini”.

Dari sudut pandang Adesso, ini bukanlah pelanggaran data yang harus dilaporkan berdasarkan GDPR. Namun, perusahaan memberi tahu petugas perlindungan data Rhine-Westphalia Utara “sebagai tindakan pencegahan”. Ada kewajiban untuk melaporkan, misalnya jika data pribadi hilang.

Adesso menyarankan perusahaan besar dan otoritas lokal

Adesso adalah salah satu penyedia layanan IT terbesar di Jerman Daftar L√ľnendonk peringkat 11 di antara konsultan IT terkemuka dan bekerja untuk Who’s Who dari perusahaan Jerman. Situs Adesso mengutip Bosch, BMW, Daimler, Munich Re sebagai referensi, tetapi juga operator infrastruktur penting seperti RWE, Eon, Tennet dan berbagai mutual seperti TK dan Barmer.

Negara juga mempercayai penyedia layanan TI Dortmund. Adesso mengutip Kantor Administrasi Federal, Kantor Polisi Kriminal Federal, BaFin, Bundesbank dan beberapa otoritas negara bagian dan lokal sebagai referensi. Perusahaan termasuk dalam daftar Grup Adessoyang mencapai omset hampir 680 juta euro pada tahun 2021 dengan lebih dari 7.500 karyawan.


Sumber : https://www.samosirnews.com/serangan-siber-terhadap-penyedia-layanan-ti-adesso-sistem-disusupi-data-disalin/

Comments