Stalker Digital Gentayangan, Ikuti Cara Ini Biar HP Kamu Aman

Penguntit digital atau stalkerware memang menggunakan segala cara untuk bisa melakukan aksinya. Sebelum jadi korban, kita bisa melakukan beberapa langkah pencegahannya.

Perusahaan keamanan siber Kaspersky membagikan lima cara melindungi perangkat dari stalkerware. Berikut rangkumannya, dikutip Rabu (8/2/2023):

  1. Lindungi ponsel dengan password yang kuat dan tidak pernah dibagikan dengan pasangan, teman, atau kolega.
  2. Periksa izin aplikasi yang terinstall di ponsel secara teratur. Perlu diingat, aplikasi penguntit disamarkan dengan nama aplikasi palsu.
  3. Hapus aplikasi yang jarang atau tidak pernah digunakan.
  4. Periksa riwayat atau history browser. Sebagai informasi, pelaku akan mengunjungi situs tertentu yang tidak diketahui korbannya untuk menginstall stalkerware. Namun bisa saja, mereka akan menghapus riwayat pencarian.
  5. Gunakan solusi keamanan siber yang bisa melindungi dari semua jenis ancaman seluler dan memeriksa perangkat secara teratur.

Namun bagaimana jika kita sudah jadi korban stalkerware?

Kaspersky dalam keterangan resminya juga membagikan sejumlah rekomendasi bagi mereka yang terdampak aksi tersebut. Salah satunya adalah mengecek beberapa hal mencurigakan di dalam ponsel.

Tips menghadapi stalker digital

Berikut lima rekomendasi yang diberikan Kaspersky:

  1. Temukan organisasi terkait dukungan pada korban penguntitan digital. Salah satunya Coalition Against Stalkerware yang websitenya juga berisi tanda-tanda dari aksi tersebut dan rekomendasi sejumlah langkah lebih lanjut.
  2. Jangan hapus stalkeware, mengubah pengaturan atau yang ada di dalam ponsel. Menurut Kaspersky, perubahan dapat diketahui pelaku. Selain itu juga bisa menghapus data atau bukti penting saat kasus masuk ke pengadilan.
  3. Cek tanda tidak biasa yang ada dalam ponsel. Mulai dari baterai terkuras habis karena adanya aplikasi yang tidak dikenal dan permintaan akses mencurigakan pada aplikasi yang baru diinstall.
  4. Periksa pengaturan dari sumber yang tidak dikenal. Ini mungkin jadi pertanda adanya software yang tidak dikenal telah ada di dalam ponsel. Namun Kaspersky juga mencatat ciri tersebut hanya gejala saja bukan sebagai indikasi pasti.
  5. Pakai solusi keamanan siber. Namun Kaspersky menyarankan gunakan ini jika ada kecurigaan stalkerware telah ada di dalam HP dan hanya boleh dilakukan setelah adanya risiko pada korban, sebaiknya bersama organisasi pendukung. Jika tidak, pelaku akan mengetahui solusi baru yang digunakan.


Comments