Awas, Berbagai Hal Ini Bisa Bikin Password Jatuh ke Tangan Hacker

Saat ini, menjaga kata sandi atau password, menjadi sebuah keharusan saat seseorang menggunakan layanan digital. Pasalnya jika jatuh ke orang yang salah, data-data yang ada dapat dimanfaatkan untuk hal-hal buruk.

Menurut perusahaan keamanan siber Kaspersky, kata sandi bisa menjadi jalan pintas ke kehidupan orang lain, alat kerja yang sangat penting, dan barang dagangan yang bisa dijual.

Dengan memperoleh password, penjahat siber bisa memanfaatkan korbannya sebagai rantai lemah untuk menyerang teman online, kerabat, atau bahkan perusahaan tempat dirinya bekerja atau yang dimilikinya.

Dalam keterangan tertulisnya, dikutip Kamis (5/1/2023), Kaspersky memperingatkan bahwa ada beberapa hal yang bisa membuat kata sandi atau password, jatuh ke tangan hacker.

Phishing

Phishing merupakan salah satu metode pengumpulan kredensial, yang sebagian besar mengandalkan kesalahan manusia.

Menurut Kaspersky, metode ini hampir setua usia internet yang digunakan sekarang, sehingga penjahat dunia maya memiliki banyak waktu untuk mengembangkan berbagai trik rekayasa sosial dan taktik penyamaran.

Bahkan, tidak sedikit dari profesional yang terkadang, tidak dapat membedakan email phishing dari yang asli secara sekilas.

Malware

Menurut statistik Kaspersky, sebagian besar malware aktif terdiri dari pencuri Trojan. Tujuan utamanya adalah menunggu hingga pengguna masuk ke beberapa tisu atau layanan, dan menyalin kata sandi lalu mengirimkan kembali ke pembuatnya.

Jika tidak menggunakan solusi keamanan, Trojan dapat bersembunyi di komputer tanpa terdeteksi selama bertahun-tahun.

Pengguna tidak akan tahu bahwa ada sesuatu yang salah, karena tidak menyebabkan kerusakan yang terlihat. Cukup dengan melakukan tugasnya secara diam-diam.

Trojan stealer bukan satu-satunya malware yang memburu passwordPenjahat siber kadang menyuntikkan skimmer web di situs, dan mencuri apa pun yang dimasukkan oleh pengguna, termasuk kredensial, nama, detail kartu pembayaran, dll.

Sumber : https://www.liputan6.com/bisnis/read/5243523/keamanan-siber-indonesia-peringkat-3-terbawah-di-g20-ego-sektoral-kronis-jadi-biang-keladinya

Comments