Penanganan Keamanan Siber di Indonesia Masih Jauh dari Harapan

Chairman Indonesia Cyber Security Forum (ICSF) Ardi Sutedja mengatakan peningkatan keamanan siber di Indonesia yang dilakukan pemerintah dirasa masih jauh dari harapan. Hal tersebut bisa dilihat dari Laporan National Cyber Security Index (NCSI) 2022.

NCSI mencatat, skor indeks keamanan siber Indonesia sebesar 38,96 poin dari 100 pada 2022. Angka ini menempatkan Indonesia berada di peringkat ke-3 terendah di antara negara-negara G20. Sementara secara global, Indonesia menduduki peringkat ke-83 dari 160 negara dalam daftar di laporan tersebut.

Menurutnya, rendahnya indeks keamanan siber di negeri ini karena masih ada masalah ego sektoral dalam penanganan keamanan siber di Indonesia

"Pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan birokrasi, nah kalau pendekatan birokrasi masing-masing sektor akan punya "kerajaan-kerajaan kecil" yang harus didahulukan. Sedangkan pendekatan di cyber security itu harus agile dan out of the box karena kita ini berlomba dengan waktu dan ini juga terkait dengan nyawa manusia serta kelangsungan hidup dunia usaha," ungkap Ardi dalam keterangannya, Senin (27/3).

Penanganan kejahatan siber selama sekian tahun ini menurut Ardi hanya terfokus pada apa yang terlihat di puncang gunung es, padahal ancaman siber yang sesungguhnya itu ada di bawah permukaan gunung es yang tidak terlihat.

Terkait peretasan yang terjadi dalam kejahatan siber menurutnya kejadian ini bukan hanya sudah berkali-kali, tapi sudah menjadi kejadian sehari-hari yang disadari dan tidak.

"Bahkan ada kejadian besar terhadap bank asing yang beroperasi di Indonesia, justru luput dari pemberitaan media dan sampai sekarang ada yang tidak tahu. Kejadiannya justru meledak di Australia," ungkap Ardi.

Dalam menangani tindak kejahatan siber, Pemerintah menurut Ardi masih sebatas menjadi penonton di lapangan dan tidak menjadikan masalah isu keamanan dan Ketahanan siber menjadi agenda nasional yang mengancam keamanan nasional.

Beberapa Duta Besar dari negara tetangga menurut Ardi bahkan sudah menyampaikan kekhawatiran negara mereka terkait keamanan siber di Indonesia.

"Overhaul kebijakan keamanan siber nasional dimulai dari badan yang seharusnya menangani keamanan siber agar lebih agile, gaul dan lebih profesional, serta paham arti kolaborasi. Pemerintah harus menjadikan Keamanan dan Ketahanan Siber sebagai program nasional dan internasional," jelas dia.

Sumber : https://www.merdeka.com/teknologi/penanganan-keamanan-siber-di-indonesia-masih-jauh-dari-harapan.html

Comments