5 Kunci Utama Perusahaan Guna Hindari Serangan Siber



Belum lama ini, Kaspersky menunjukkan sebuah statistik bahwa 62 persen manajer mengakui adanya kesalahpahaman antara departemen keamanan informasi (TI) dan Bisnis.
 
Hal tersebut akhirnya menyebabkan beberapa insiden yang serius di internet, untuk mengubah cara karyawan dalam menyikapi keamanan pada sebuah organisasi akan sangat penting untuk mendapatkan dukungan di tingkat tertinggi.
 
Untuk mendapatkan dukungan tersebut biasanya akan diberikan oleh dewan direksi, sehingga hal itu harus diinformasikan ke CEO sebagai pengingat mereka untuk selalu mewaspadai atau memperhatikan keamanan dari perusahaan. Selain itu, Kaspersky sendiri memberikan lima kunci sederhana bagi para manajemen agar pesan keamanan siber dapat lebih mudah dipahami.

Melakukan pelatihan keamanan tim siber

Bila melihat skandal yang terjadi di Amerika Serikat 2022 silam, terdapat penyerangan menembus jejaring sosial VIP Infragard sebagai platform yang digunakan oleh FBIO secara rahasia.

Hal ini menjadi salah satu skandal terbesar pada saat itu. Hacker berhasil mencuri database dengan alamat email dan nomor telepon lebih dari 80.000 anggota dan berhasil menjualnya dengan harga USD50.000. 
 
Menjadi tindakan yang sangat penting untuk dilakukan agar para perusahaan melakukan sebuah pelatihan keamanan tim siber. Dengan begitu, banyak orang yang menjadi lebih paham pentingnya keamanan siber bagi perusahaan. Ketika terjadi insiden serupa, maka hal tersebut tidak hanya merugikan individu, melainkan merugikan perusahaan.
 
Selain itu, manajer akan mendapat manfaat dari pemahaman yang lebih dalam tentang bagaimana keamanan diintegrasikan ke dalam pengembangan produk. Kebijakan keamanan yang diterapkan pada setiap divisi menjadi salah satu hal yang harus diketahui oleh seorang CVEO guna melindungi berbagai data yang penting.

Melakukan integrasi keamanan siber dalam strategi dan proses perusahaan

Seperti yang sudah terjadi, ekonomi sudah merangkul digital sehingga lanskap kejahatan dunia maya menjadi lebih rumit daripada biasanya. Selain itu, regulasi akan semakin intensif, serta manajemen menjadi salah satu yang paling sering dijadikan sasaran oleh para pelaku.
 
Pada era sekarang, terdapat aspek teknologi, uang, manusia, organisasi, dan hukum sehingga para pemimpin di bidang ini perlu bisa dilibatkan dalam mengadaptasi strategi dan proses perusahaan agar bisa lebih berkembang.
 
Penting untuk selalu mengingatkan manajemen bahwa dengan membeli sistem perlindungan bukanlah salah satu cara yang ampuh untuk semua masalah yang diberikan dari dunia internet. Menurut beberapa studi, terdapat 45 hingga 77 persen dari semua insiden siber berhubungan dengan faktor manusia atau ketidakpatuhan terhadap kebijakan. 
 

Lakukan investasi dengan tepat

Anggaran untuk sebuah keamanan informasi selalu terbatas. Namun, penting untuk selalu memprioritaskan sejalan dengan persyaratan industri dan dengan ancaman palin relevan terhadap sebuah organisasi.
 
Ketika anggaran perlu ditingkatkan, maka situasi akan menjadi lebih kompleks. Pendekatan paling matang untuk anggaran keamanan adalah yang sudah didasari pada risiko dan biaya, serta meminimalisir serangan.
 

Selalu mempertimbangkan semua jenis resiko

Hal ini merupakan salah satu cara untuk selalu waspada terkait risiko yang berpotensi menyerang bisnis dan merugikan bisnis. Melakukan diskusi tentang keamanan informasi biasanya terlalu fokus pada peretasan dan solusi software untuk mengalahkan para pelaku.
 
Namun, banyak organisasi yang menghadapi risiko lainnya terkait keamanan informasi.
Salah satu yang paling lazim dalam beberapa tahun terakhir adalah risiko pelanggaran undang-undang tentang penyimpanan atau dengan penggunaan data pribadi. Regulasi umum yang mengatur perlindungan data, privasi konsumen, dan hal-hal sejenisnya juga perlu diperhatikan oleh para manajemen puncak. 
 
Sejumlah industri sendiri memiliki kriteria sendiri, khususnya pada sektor keuangan, telekomunikasi, dan medis. Hal tersebut harus menjadi tugas manajer tingkat atas agar bisa memantau secara teratur dan meningkatkan kepatuhan seluruh internal perusahaan.
 

Menanggapi risiko dengan benar

Insiden keamanan siber hampir tidak dapat dihindari, hal ini selalu bergantung pada skala serangan cukup besar untuk bisa menarik perhatian di ruang diskusi. Tidak hanya keamanan informasi, unit bisnis juga harus siap merespon, sehingga menciptakan sifat yang ideal dengan mengikuti sebuah pelatihan.
 
Lima kunci tersebut wajib untuk selalu diperhatikan oleh para manajemen puncak agar bisa lebih memperhatikan keamanan siber perusahaan. Selain itu, para CEO juga harus bisa lebih awas dan disarankan untuk tidak buta terkait potensi serangan yang seiring berjalannya waktu akan semakin rumit.
 

Perlu diingat juga bahwa untuk bisa mencegah potensi serangan siber maka akan sangat penting untuk melakukan komunikasi dan selalu berdiskusi tentang keamanan siber, karena memang hal tersebut dinilai penting untuk melindungi perusahaan dan para karyawan yang bekerja. (Christopher Louis)

Sumber : https://www.medcom.id/teknologi/news-teknologi/Obz0AgdK-5-kunci-utama-perusahaan-guna-hindari-serangan-siber 

Comments