Tahun Lalu Serangan Siber Hampir Mencapai 1 Miliar Kejadian


Serangan siber merupakan salah satu ancaman yang semakin marak terjadi di Indonesia. Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) mencatat, bahwa jumlah serangan siber di Indonesia pada tahun lalu mencapai hampir 1 miliar. 

Hal ini menunjukkan pentingnya perlindungan data dan sistem informasi bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia. Tidak heran jika profesi di bidang informasi dan teknologi, khususnya yang berkaitan dengan cybersecurity semakin banyak dicari.

Dalam upaya memenuhi kebutuhan yang terus meningkat, InfraDigital Foundation mengadakan webinar bertajuk “Road to U-Connect 2023” yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi serta memberikan tips berkarier di bidang cybersecurity. 

Webinar ini dihadiri oleh lebih dari 400 peserta yang diselenggarakan via Zoom Meeting pada Selasa (4/4) dan menghadirkan narasumber dari Vantage Point Security dan LinkedIn Indonesia. 

Para peserta diberikan pengetahuan soal potensi dan practical skill yang harus dimiliki sebagai talenta cybersecurity, jenjang karir dalam cybersecurity, serta informasi dan tips dalam mempersiapkan diri sebagai tech talent khususnya cybersecurity dalam mengikuti proses rekrutmen.

Menurut Country Manager Indonesia Vantage Point Security, Faisal Yahya, profesi di bidang cybersecurity merupakan posisi yang vital dalam sebuah perusahaan.


Meskipun suatu negara terdampak resesi, perusahaan cenderung mempertahankan posisi cybersecurity jika dibandingkan dengan posisi lainnya. 

Selain itu, cybersecurity sangatlah luas, sehingga lebih baik fokus pada salah satu bidang pada cybersecurity yang sesuai dengan passion masing-masing. Setelah itu, carilah pekerjaan yang dapat membantu dalam pengembangan karier serta passion.

Webinar yang diselenggarakan oleh InfraDigital Foundation ini merupakan salah satu upaya, untuk mempersiapkan talenta yang siap kerja dan memenuhi kebutuhan industri di bidang cybersecurity. 

“Diharapkan setelah mengikuti webinar ini, para peserta akan mendapatkan pengetahuan dan pengalaman yang bermanfaat dalam menambah wawasan untuk berkarier di bidang cybersecurity di Indonesia,” ujar Chairman InfraDigital Foundation, Muhammad Rofi melalui keterangan resmi, dikutip Rabu 5 April 2023.

Sumber : https://www.viva.co.id/digital/startup/1590272-tahun-lalu-serangan-siber-hampir-mencapai-1-miliar-kejadian?page=1

Comments