Mengakselerasi Transformasi Pendidikan Melahirkan Pemimpin Digital


 Perkembangan teknologi digital yang semakin pesat, beriringan dengan cepatnya adopsi pengguna, mendorong semua sektor melakukan transformasi digital. Tak terkecuali, di sektor pendidikan.

Transformasi digital di sektor pendidikan terbukti memberikan dampak positif bagi seluruh pemangku kepentingan, terutama bagi siswa dan guru. Dalam jangka panjang, transformasi digital dapat memberikan kesempatan yang sama bagi semua orang memperoleh pendidikan terbaik dan meningkatkan kualitas dirinya.

Hal tersebut pun selaras dengan tiga pokok kebijakan Merdeka Belajar Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, dan Ristek, yaitu membangun ekosistem pendidikan berbasis teknologi, berkolaborasi dengan lintas pihak, dan menggunakan data serta inovasi teknologi sebagai acuan kebijakan dan pola pembelajaran. Salah satu aspek penting dalam proses transformasi digital adalah keberadaan pemimpin digital.

“Keberhasilan transformasi digital pendidikan ditentukan oleh beberapa hal, seperti ketersediaan sumber daya manusia, dukungan teknologi, namun yang paling penting adalah kepemimpinan digital,” papar Ketua Tim Pelaksana Dewan TIK Nasional, Dr Ilham A Habibie MBA, dalam Kick Off School Digital Leaders Bootcamp 2023.

Dok School Digital Leaders Bootcamp 2023
Dok School Digital Leaders Bootcamp 2023

Senada, Dirjen PAUD, Dikdasmen Kemendikbud Ristek, Dr Iwan Syahril, PhD dalam kesempatan yang sama menjelaskan, pemimpin digital di sekolah paling tidak harus memiliki empat karakter utama, yaitu problem solver, kolaboratif, mencintai belajar, dan berfokus pada siswa. "Karakter ini yang kami harapkan dapat dimiliki sebanyak mungkin kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru,” terangnya.

Sebagai salah satu inisiatif dalam Misi 10 ribu, Habibie Muda, ORBIT360, sebagai perusahaan yang fokus pada upaya mendukung digitalisasi pendidikan, menyelenggarakan School Digital Leaders Bootcamp 2023. Program ini, merupakan pelatihan intensif untuk mempersiapkan kepala sekolah atau representasi sekolah sebagai pemimpin transformasi digital di sekolah dan lingkungannya.

Dalam program ini, para para peserta akan mengikuti pelatihan intensif dari para praktisi terkemuka tentang beragam tema seputar transformasi digital dunia pendidikan dan kepemimpinan digital. Tak hanya sampai di situ, peserta terpilih juga berkesempatan mengikuti sesi khusus lanjutan di tingkat nasional dan internasional.

Beberapa tokoh pendidikan dan digital yang akan turut menjadi narasumber dalam program ini antara lain Dr Ilham A Habibie, MBA (Ketua Tim Pelaksana Wantiknas), Prof R Eko Indrajit (Ketua PGRI SLCC), dan Yudhistira Nugraha (Kepala Jakarta Smart City).

“Penyelenggaraan School Digital Leaders Bootcamp di 2023 ini kami tujukan bagi para kepala sekolah atau perwakilan sekolah tingkat SMP dan SMA se-Pulau Jawa. Kami ingin memberikan kesempatan yang sama bagi semua, karena itu tersedia ratusan beasiswa bagi peserta terpilih,” jelas CEO ORBIT360, M Andy Zaky.

Program ini akan berlangsung mulai Agustus 2023 hingga akhir 2023. Para kepala sekolah atau perwakilan sekolah yang berminat mengikuti program ini dapat melakukan pendaftaran melalui situs www.schooldigileaders.com. Nantinya, peserta yang terpilih memperoleh beasiswa dapat mengikuti program ini tanpa biaya apa pun.

Program School Digital Leaders Bootcamp 2023, merupakan hasil kolaborasi ORBIT360 dengan Kemendikbud Ristek, Wantiknas, dan berbagai pihak lain, yang diharapkan dapat menjadi salah satu langkah awal mempercepat transformasi pendidikan menjadi semakin berkualitas dan merata.

Sumber : https://digitaldonat.republika.co.id/posts/221666/mengakselerasi-transformasi-pendidikan-melahirkan-pemimpin-digital

Comments