Keamanan Siber Dukung Akselerasi Pengembangan Ekonomi Digital


  Ekonomi digital sebagai bagian dari transformasi digital merupakan sektor yang potensial dalam mendukung pencapaian Visi Indonesia 2045. Pemerintah terus mendorong pengembangan ekonomi digital guna meningkatkan produktivitas pelaku usaha, khususnya Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), serta masyarakat.

 
Melalui transformasi digital, perekonomian Indonesia memiliki potensi pertumbuhan yang lebih besar. Hasil kajian Google, Temasek, Bain & Company (2022) menunjukkan nilai ekonomi digital Indonesia pada 2022 tercatat sebagai yang tertinggi di Asia Tenggara, yakni sebesar USD77 miliar, dan diperkirakan mampu mencapai USD130 miliar pada 2025.
 
Selain itu, 40 persen pangsa pasar ekonomi digital Asia Tenggara berada di Indonesia. Karena itu, Pemerintah Indonesia senantiasa mendorong berbagai upaya untuk melakukan pengembangan ekosistem ekonomi digital ini, terutama dengan menyiapkan berbagai kebijakan dan regulasi.

"Seperti di sektor keuangan, pendidikan, kesehatan, perdagangan, perindustrian, dan sebagainya,” tutur Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso dalam acara Rapat Koordinasi Diseminasi Keamanan Siber dan Sandi, di Kantor Kemenko Perekonomian, dalam keterangan resminya, Minggu, 9 Juli 2023.

Dalam rapat koordinasi yang merupakan kolaborasi Kemenko Perekonomian dengan Badan Siber Sandi Negara (BSSN) yang bertujuan memitigasi risiko keamanan siber dan mendukung percepatan transformasi digital tersebut, Susiwijono mengatakan, berkembangnya perekonomian digital diikuti dengan peningkatan risiko keamanan siber.
 
Risiko tersebut dalam bentuk malware dan kejahatan siber yang terorganisir mulai dari rusaknya reputasi korporasi yang dampaknya cukup signifikan terhadap bisnis, hingga kerugian materiil akibat pencurian data pribadi, pelanggaran hak kekayaan intelektual, serta risiko-risiko fatal lain.
 
"Keamanan siber menjadi prioritas sangat penting bagi keamanan nasional ke depan. Dan saya kira juga berbagai negara sudah menempatkan ini sebagai prioritas keamanan. Karena itu, pemerintah perlu memastikan semua upaya pertumbuhan ekonomi digital ini nanti terus diimbangi dengan keandalan di dalam ranah keamanan sibernya," pungkas Susiwijono.

Comments