Apa Itu Aplikasi Dompet Digital, Kelebihan serta Kekurangannya




 Aktivitas masyarakat dalam melakukan transaksi telah bergeser ke era yang lebih digital. Perlahan namun pasti, uang kini tergantikan oleh dompet digital atau e-wallet, dan smartphone menjadi hal yang sama penting dengan dompet fisik.  

Apa itu Dompet Digital Dompet digital

Dompet Digital adalah layanan yang bersifat elektronik dan berfungsi untuk menyimpan data serta instrumen dari pembayaran. Dengan dompet digital pengguna dapat menyimpan uangnya untuk melakukan transaksi keuangan, baik online maupun offline.

Pada dasarnya, dompet digital berfungsi layaknya dompet fisik yang dapat digunakan untuk melakukan pembayaran yang aman. Jika menggunakan dompet digital, seseorang dapat melakukan pembayaran secara cashless ketika hendak membayar makanan, tiket pesawat, tiket bioskop, hingga belanja online.
Namun perlu diingat, karena ada nama digital maka layanan ini bergerak di atas jaringan internet. Artinya, jika kamu berada di wilayah yang tak terjangkau internet atau kuota internet kamu mati, maka dompet digital kamu menjadi tidak berguna.  Contoh Dompet Digital di Indonesia Saat ini, ada beberapa jenis e-wallet yang sudah terdaftar dan populer di masyarakat Indonesia. Berikut jenis-jenis dompet digital atau e-wallet yang bisa Anda gunakan seperti dikutip dari Buku Warung.

1. OVO OVO menjadi salah satu e-wallet yang banyak digunakan di Indonesia. Dompet digital ini telah terhubung dengan Grab, sehingga kamu bisa menggunakan dompet digital ini ketika ingin membayar GrabFood atau Grab Bike.  Apabila sudah di-upgrade ke versi yang premium, penggunan OVO bisa melakukan transfer uang antarbank. OVO juga bisa digunakan untuk membeli paket dan pulsa, membayar tagihan, hingga membeli reksadana.

2. DANA DANA juga menjadi salah satu e-wallet yang banyak digunakan di Indonesia. Dompet digital DANA dirilis pada 2018 dan mampu memikat banyak pengguna. DANA berbeda dengan Gopay dan OVO yang lebih sudah tertanam pada sistem lainnya. DANA dompet digital ‘independent’ yang dapat digunakan untuk membayar segala macam kebutuhan. 

DANA merupakan dompet digital yang hadir karena adanya kerja sama oleh EMTEK group dan ANT Financial. Selain itu, DANA dapat digunakan untuk transaksi di aplikasi e-commerce Bukalapak.

3. ShopeePay Shopeepay juga menjadi salah satu e-wallet atau dompet digital yang banyak digunakan di Indonesia belakangan ini. E-wallet Shopeepay diluncurkan SeaMoney, induk perusahaan Shopee, dan sudah mendapatkan lisensi dari Bank Indonesia per Agustus 2018. Pengguna Shopeepay dapat melakukan transaksi secara online, termasuk pembayaran di aplikasi shopee ketika berbelanja. Saat ini, Shopeepay juga telah bekerja sama dengan toko atau merchant offline sehingga pengguna dapat menggunakan secara langsung melalui metode scan Quick Response Indonesia Standard (QRIS).

4. Gopay Dompet digital Gopay menjadi dompet digital yang populer di kalangan masyarakat. Gopay ini bisa ditemukan dalam aplikasi Gojek dan kini masuk dalam ekosistem Gojek-Tokopedia atau GoTo. Gopay biasa digunakan untuk melakukan pembayaran layanan Gojek, antara lain Go-ride, Gocar, Gofoo, Gosend, Goplay, dan lain-lain. Gopay juga bisa digunakan untuk transfer antar bank sehingga tidak perlu lagi ke ATM ataupun bank terdekat untuk bisa melakukan transfer sejumlah dana kepada seseorang yang ingin dituju.

5. LinkAja LinkAja merupakan sebuah dompet digital yang didukung oleh beberapa perusahaan BUMN Indonesia seperti Telkom Indonesia. Saham dari e-wallet satu ini juga dipegang oleh beberapa perusahaan BUMN lain seperti Pertamina, Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia, dan masih banyak lagi. Dengan banyaknya pemegang saham yang terlibat, LinkAja dapat digunakan untuk seluruh layanan milik BUMN.  Kelebihan dan Kekurangan Dompet Digital Kelebihan Menggunakan Dompet Digital 1. Transaksi Lebih Cepat Jika dibandingkan dengan melakukan pembayaran konvensional yakni transaksi tunai, penggunaan dompet digital  akan relatif lebih cepat. Ini menghilangkan kebutuhan untuk membawa dompet fisik ketika Anda pergi. Dengan menggunakan dompet elektronik, Anda tidak perlu lagi repot-repot mengeluarkan uang tunai atau kartu debit ketika mereka ingin melakukan transaksi. Selama smartphone berada di dekat Anda, Anda dapat memperoleh akses yang cepat, mudah, aman untuk melakukan transaksi. 2. Terhindar dari penyebaran uang palsu Pada praktiknya, penggunaan dompet digital menawakan berbagai keamaan kepada para penggunannya. Selain menghindarkan pengguna dari tindak kriminal seperti pencopetan, penggunaan dompet digital dapat menghindarkan Anda dari transaksi penyebaran uang palsu. Hal ini dikarenakan teknologi uang digital yang tersimpan di dalam e-wallet sendiri masih sulit untuk ditembus dalam hal keamanannya. 3. Menghindari Kontak Fisik Penggunaan dompet digital dalam transaksi akan membantu menekan penyebaran virus karena dapat memangkas kontak fisik dengan orang lain.  Kekurangan Menggunakan Dompet Digital  Meskipun memiliki banyak kelebihan, dompet digital juga memilki beberapa kekurangan yang membuat Anda tetap berpikir untuk membawa dompet fisik.  bukan berarti dompet digital tidak memiliki kekurangan. Berikut adalah beberapa kekurangan dari metode pembayaran dompet digital. 1. Ekosistem belum matang di rural Tidak semua pedagang memiliki QRIS atau alat yang dapat menerima pembayaran digital. Dengan kondisi itu, maka dompet digital tidak berguna. Hal ini mungkin tidak isu jika di kota-kota besar, tetapi ketika kamu berada di pedalaman disarankan tetap membawa dompet.  Adanya biaya admin untuk beberapa transaksi. Masalah lainnya adalah pengguna dibebankan dengan biaya admin yang membuat pengguna harus membayar sedikit mahal jika bertransaksi menggunakan dompet digital.   2. Hidup jadi lebih konsumtif Beberapa orang percaya dengan memiliki dompet digital kita hidup lebih konsumtif dan terpicu utnuk membeli sesuatu yang belum tentu berguna.  Cara Menggunakan Dompet Digital Anda telah mengetahui macam-macam dompet digital. Lantas bagaimana cara menggunakannya? Anda hanya perlu mengunduh aplikasi, kemudian membuat akun dan top up saldo. Setelah itu, dompet digital langsung dapat digunakan untuk bertransaksi sesuai kebutuhan Anda. 

Sumber: https://teknologi.bisnis.com/read/20240129/84/1736046/apa-itu-aplikasi-dompet-digital-kelebihan-serta-kekurangannya/All

Apa Itu Aplikasi Dompet Digital, Kelebihan serta Kekurangannya Apa Itu Aplikasi Dompet Digital, Kelebihan serta Kekurangannya Reviewed by zahrapkl on January 30, 2024 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.