GCHQ Inggris Peringatkan Bahaya Keamanan Siber Terkait Peningkatan Cepat AI




 Badan mata-mata GCHQ Inggris memperingatkan pada Rabu 24 Januari, bahwa perkembangan pesat alat Kecerdasan Buatan (AI) baru akan menyebabkan peningkatan serangan siber dan menurunkan hambatan bagi peretas kurang terampil untuk melakukan kerusakan digital.

Hambatan masuk yang lebih rendah tersebut kemungkinan juga akan berkontribusi pada peningkatan global dalam serangan ransomware, di mana para penjahat mengenkripsi sistem komputer untuk tebusan digital. Hal ini disampaikan oleh National Cyber Security Centre (NCSC), yang merupakan bagian dari GCHQ, dalam sebuah laporan.

“AI hampir pasti akan meningkatkan volume dan meningkatkan dampak serangan siber dalam dua tahun mendatang. Namun, dampak pada ancaman siber akan tidak merata,” demikian bunyi laporan tersebut.

Laporan tersebut menyarankan bahwa peningkatan terbesar dalam kemampuan bagi pelaku jahat di dunia maya akan dimiliki oleh peretas oportunis yang tidak selalu memiliki keterampilan yang diperlukan untuk melakukan serangan tingkat tinggi.

Setidaknya, laporan tersebut mengatakan, penggunaan alat AI generatif seperti chatbot dapat membantu menciptakan email atau dokumen yang lebih meyakinkan yang digunakan dalam kampanye phishing online.

“Pada tingkat lanjutan, peretas yang didukung oleh negara dengan kemampuan lebih tinggi akan lebih baik ditempatkan untuk memanfaatkan potensi AI dalam operasi siber tingkat lanjut melawan jaringan, misalnya digunakan dalam generasi malware tingkat lanjut," kata laporan tersebut, merujuk pada perangkat lunak berbahaya dan virus komputer.

Badan intelijen di seluruh dunia sedang berhadapan dengan munculnya masalah keamanan potensial terkait dengan algoritma yang dapat menghasilkan interaksi mirip manusia - disebut sebagai model bahasa besar, atau LLMs, seperti ChatGPT dari OpenAI, yang diintegrasikan oleh perusahaan dalam berbagai layanan, termasuk penjualan dan layanan pelanggan.

Implikasi keamanan dari AI masih dalam fokus. Otoritas di Britania Raya, Amerika Serikat, dan Kanada mengatakan mereka telah melihat peretas memanfaatkan teknologi ini.


Sumber: https://voi.id/teknologi/351094/gchq-inggris-peringatkan-bahaya-keamanan-siber-terkait-peningkatan-cepat-ai

Comments