Apa Itu Keamanan Siber? Teknologi dan Perlindungan Data Mengapa cybersecurity? Teknologi dan perlindungan data




Digital keamanan gembok dengan kode biner terenkripsi pada papan sirkuit futuristik.

Cybersecurity adalah ancaman yang berkembang, dengan World Economic Forum menggambarkannya pada awal 2024 sebagai salah satu masalah paling mendesak yang dihadapi organisasi secara global pada tahun 2024.

Menurut Computer Crime Research Center, biaya global kejahatan dunia maya tumbuh dengan cepat dan diprediksi akan mencapai lebih dari $12 triliun pada tahun 2025. Musim panas lalu, Checkpoint Research melaporkan bahwa jumlah serangan telah meningkat sebesar 8% selama tahun 2022, dengan rata-rata 1.258 insiden per minggu yang dihadapi oleh organisasi. Dan sebagai hasilnya, keamanan siber semakin menjadi prioritas yang meningkat bagi bisnis dan pemerintah. Berikut adalah gambaran mengenai risiko keamanan siber utama saat ini dan apa yang dapat dilakukan oleh organisasi untuk menjaga data mereka tetap aman.

Apa Itu Keamanan Siber?
Keamanan siber adalah istilah yang cukup luas: Merujuk pada praktik melindungi sistem komputer, jaringan, program, perangkat, dan data dari serangan siber melalui sarana teknologi dan proses manajemen.

Sementara itu, keamanan informasi secara khusus berkaitan dengan melindungi kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan data yang dipegang oleh sebuah organisasi. Keduanya biasanya melibatkan implementasi beberapa lapisan perlindungan, mulai dari pelatihan kesadaran staf hingga manajemen identitas dan akses, deteksi ancaman, dan – untuk saat terburuk terjadi – pemulihan bencana dan perencanaan kontinuitas bisnis.

Apa Saja Jenis-jenis Keamanan Siber?

Keamanan jaringan menggambarkan berbagai metode yang digunakan untuk melindungi jaringan dari pelanggaran dan intrusi, biasanya melalui pengendalian akses, analitika jaringan, firewall, enkripsi VPN, dan teknik lainnya. Sementara keamanan ujung, di sisi lain, difokuskan pada perangkat yang terhubung ke jaringan tersebut – desktop, laptop, perangkat seluler, dan sejenisnya.

Keamanan aplikasi, seperti namanya, berkaitan dengan berbagai teknik yang digunakan untuk memastikan bahwa aplikasi perangkat lunak aman, dengan tujuan memperbaiki kerentanan sebelum mereka dapat disalahgunakan. Hal ini dapat melibatkan pemindaian kerentanan selama pengembangan, pengujian keamanan yang terus menerus sekali digunakan, tindakan otentikasi, dan firewall. Sementara itu, keamanan Internet of Things (IoT) menimbulkan satu set masalah baru, karena jumlah data yang dikumpulkan oleh jumlah perangkat keras IoT yang terus meningkat, mulai dari perangkat rumah pintar hingga sensor industri. Banyak dari perangkat ini tidak memiliki fitur keamanan intrinsik sendiri, membuat pengelolaannya menjadi tantangan yang signifikan.

Apa Saja Ancaman Keamanan Siber Potensial?
Ancaman keamanan siber baru muncul setiap saat, namun bahaya terbesar saat ini adalah ransomware: menggunakan malware – istilah umum untuk perangkat lunak berbahaya – untuk mengunci data korban sampai membayar biaya, biasanya melalui Bitcoin.
Pencurian data, di mana data disalin, dicuri, atau diubah oleh penyerang, bisa terjadi dengan berbagai cara. Serangan rekayasa sosial melibatkan penggunaan taktik psikologis untuk meyakinkan seseorang agar dengan tidak disadari mengungkapkan informasi atau melakukan tindakan yang memberi akses hacker; “phishing” adalah cara umum untuk melakukannya, di mana penyerang meniru kontak bisnis yang sah atau organisasi terpercaya lainnya untuk membuat korban melonggarkan kewaspadaannya. Dalam kasus lain, penyerang adalah orang dalam yang sudah memiliki akses yang diotorisasi. Salah satu jenis serangan yang paling kurang canggih adalah serangan layanan penolakan terdistribusi (DDoS) di mana penyerang bertujuan untuk melumpuhkan situs web korban dengan membanjirinya dengan lalu lintas.

Apa Saja Tips Untuk Meningkatkan Keamanan Siber?
Bagi individu, bentuk pertahanan utama adalah perangkat lunak anti-virus, bersamaan dengan penggunaan kata sandi yang kuat, mencadangkan data, dan menjaga perangkat lunai dan sistem tetap diperbaru. Dimungkinkan, penggunaan otentikasi multifaktor – memerlukan dua bentuk identifikasi sebelum akses diizinkan – juga disarankan.

Organisasi, juga harus menggunakan teknik ini, tetapi juga perlu mengambil pendekatan yang lebih formal dan organisasional. Ini harus mencakup melakukan evaluasi risiko, kerentanan, dan dampak, melakukan audit keamanan secara teratur dan melatih staf. Data kunci harus dienkripsi, dan akses harus dibatasi hanya kepada mereka yang benar-benar membutuhkannya, dengan kebijakan kata sandi yang ditegakkan. Asuransi siber sangat penting. Dan juga penting untuk melihat rantai pasokan suatu organisasi dan bagaimana mitra mereka menangani keamanan, karena ini seringkali menjadi titik lemah. Organisasi nasional seperti Cybersecurity and Infrastructure Security Agency Amerika Serikat adalah sumber nasihat yang berguna.

Perusahaan Apa Yang Memimpin Ruang Keamanan Siber?
Ada ribuan perusahaan keamanan siber di seluruh dunia, mulai dari raksasa industri dengan pendapatan miliaran hingga perusahaan kecil dan spesialis. Sementara itu, beberapa vendor teknologi besar, seperti IBM dan Microsoft, telah bercabang untuk menawarkan solusi mereka sendiri.

Tidak berurutan, beberapa perusahaan keamanan siber teratas adalah:

Palo Alto Networks: Dianggap sebagai salah satu perusahaan keamanan siber umum terbaik, dan salah satu terbesar
Fortinet: Khusus dalam keamanan jaringan untuk perusahaan
CrowdStrike: Dikenal untuk keamanan ujung, bersama dengan layanan kecerdasan ancaman dan respons serangan siber
Rapid7: Menawarkan platform keamanan yang terpadu, mulai dari ujung hingga cloud
Cisco: Dikenal untuk keamanan jaringan terdistribusi, dengan firewall, ujung, dan solusi lainnya
Proofpoint: Menawarkan solusi keamanan siber untuk email, web, dan cloud
McAfee: Paling dikenal untuk anti-virus, melindungi dari phishing, virus, peretas, dan ransomware
IBM: Menawarkan keamanan perusahaan termasuk analisis intelijen, perlindungan kecurangan, keamanan seluler dan mainframe
Trend Micro: Dikenal untuk keamanan perusahaan, tetapi juga populer di kalangan bisnis kecil
Darktrace: Pemimpin dalam keamanan berbasis AI, mencakup pencegahan, deteksi, respons, dan pemulihan
Microsoft: Sesuai dengan yang diharapkan, dikenal untuk keamanan Windows, dengan penawaran untuk manajemen identitas dan akses, kecerdasan dan analisis, serta keamanan basis data

Apa Masa Depan Keamanan Siber?
Bagi banyak organisasi, keamanan siber baru benar-benar menjadi prioritas dewan direksi dalam sepuluh atau lima belas tahun terakhir seiring dengan peningkatan jumlah dan keparahan serangan siber.

Konsensus – dan standar industri – telah mulai muncul, dengan adopsi strategi seperti enkripsi, otentikasi multi-faktor, dan nol kepercayaan, di mana akses ke sistem dan data dikendalikan secara ketat melalui verifikasi identitas. Mungkin perubahan terbesar dalam keamanan siber adalah penggunaan yang semakin meningkat dari kecerdasan buatan – bukan hanya oleh pelaku kejahatan siber tetapi juga oleh para pembela. Alat kecerdasan buatan memungkinkan jutaan peristiwa dianalisis dan anomali terdeteksi, menyoroti serangan potensial. Kecerdasan buatan juga dapat digunakan untuk menyediakan pemantauan yang berkelanjutan, mengotomatisasi proses keamanan seperti manajemen patch, dan membantu menghilangkan kesalahan pengguna. Dalam beberapa tahun mendatang, serangan ransomware kemungkinan akan terus meningkat dalam jumlah dan tingkat keparahan; sementara itu, deepfakes yang dihasilkan kecerdasan buatan membuat mudah bagi penyerang untuk melakukan serangan phishing dengan meyakinkan korban bahwa mereka berbicara dengan kontak nyata.

Inti Masalah

Ancaman siber berkembang dengan laju yang semakin tinggi, dengan munculnya teknik serangan baru dan perlombaan senjata yang konstan antara pelaku buruk dan pembela. Namun, alat baru, terutama penggunaan kecerdasan buatan, memberikan organisasi peluang bertempur.


Sumber: https://infosrk.club/apa-itu-keamanan-siber-teknologi-dan-perlindungan-datamengapa-cybersecurity-teknologi-dan-perlindungan-data/ 

Comments