Pengertian Singkat Cybersecurity: Penjelasan, Jenis-jenis dan Contoh Nyata Bentuk Keamanan Siber




 Istilah Cybersecurity mungkin jadi salah satu istilah yang saat ini sering muncul mengingat manusia semakin ketergantungan dengan dunia digital.

Meskipun internet memberikan akses terhadap informasi, koneksi, dan kenyamanan, internet juga menyimpan ancaman yang dapat membahayakan data dan perangkat berharga kamu.

Lantas, apa sebenarnya Cybersecurity atau kemanan siber yang kini menjadi perhatian publik?



Cybersecurity bisa dijelaskan secara singkat sebagai perisai digital kamu, menjaga kehadiran online kamu dan mendorong pengalaman browsing yang aman.


Kalau dianalogikan, komputer dan perangkat seluler kamu bisa digambarkan sebagai benteng yang penuh dengan harta pribadi.

Harta peribadi ini berupa detail keuangan, kenangan berharga, dan data sensitif.

Menurut banyak orang mungkin hal ini lumrah namun bagi para penjahat siber di dunia maya, data-data ini bisa digunakan untuk melakukan kejahatan.

Keamanan siber (Cybersecurity ) bertindak sebagai tembok kokoh dan penjaga waspada yang melindungi benteng-benteng ini dari penyusup digital.


Hal ini mencakup serangkaian praktik, teknologi, dan proses komprehensif yang dirancang untuk melindungi sistem, jaringan, dan data kamu dari akses, manipulasi, atau penghancuran yang tidak sah.


Lantas apa saja yang tercakup dalam bidang keamanan siber yang luas ini? Cybersecurity memiliki jabaran yang luas mencakup,

1. Keamanan Perangkat

Keamanan perangkat mengacu kepada keamanan terhadap malware, virus, dan akses tidak sah.

Tak Hanya terbatas pada keamanan dari malware, keamanan perangkat mengacu pada memperbarui perangkat lunak keamanan secara teratur, menggunakan kata sandi yang kuat, dan menghindari tautan yang mencurigakan adalah garis pertahanan utama.

2. Keamanan Jaringan

Keamanan jaringan masuk ke dalam Cybersecurity yang menyangkut Firewall dan sistem deteksi intrusi bertindak sebagai penjaga gerbang digital.

Selain itu hal ini juga akan memantau dan menyaring lalu lintas masuk untuk memblokir upaya jahat.


3. Keamanan Aplikasi

Keamanan aplikasi mengacu kepada aplikasi perangkat lunak yang di-instal kepada perangkat keras seperti laptop, handphone atau laptop.

Setiap aplikasi perangkat lunak akan menyimpan informasi sensitif sehingga memastikan keamanan mereka melalui pembaruan rutin dan mengatasi kerentanan mencegah penyerang mengeksploitasinya.

4. Keamanan Data

Hal yang paling utama dalam keamanan siber adalah melindungi segalanya mulai dari kata sandi hingga catatan keuangan.

Termasuk tindakan enkripsi, kontrol akses, dan praktik penanganan data yang bertanggung jawab sangat penting untuk menjaga keamanan informasi ini.

5. Privasi

Privasi menjadi hal yang paling penting mengingat semua data yang ada di dalam perangkat pribadi harus terjaga privasinya.

Memahami peraturan privasi data dan menyadari cara organisasi mengumpulkan dan menggunakan data kamu merupakan langkah penting menuju privasi online.

Berikut ini beberapa contoh nyata cara memperkuat keamanan siber:

1. Memperbarui perangkat lunak antivirus

2. Menggunakan kata sandi yang kuat dan autentikasi dua faktor

3. Berhati-hatilah dengan interaksi online

4. Menerapkan langkah-langkah keamanan yang kuat



Sumber: https://bali.tribunnews.com/2024/02/02/pengertian-singkat-cybersecurity-penjelasan-jenis-jenis-dan-contoh-nyata-bentuk-keamanan-siber?page=all

Pengertian Singkat Cybersecurity: Penjelasan, Jenis-jenis dan Contoh Nyata Bentuk Keamanan Siber Pengertian Singkat Cybersecurity: Penjelasan, Jenis-jenis dan Contoh Nyata Bentuk Keamanan Siber   Reviewed by zahrapkl on February 04, 2024 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.