Waspada Ancaman Keamanan Siber yang Makin Kompleks




  Di era digital saat ini, perusahaan tidak dapat mengabaikan ancaman keamanan siber yang terus berkembang. Dalam menjaga integritas dan keamanan data, perusahaan dituntut untuk waspada terhadap iklim bisnis yang semakin kompetitif.

Tidak dapat dimungkiri bahwa kejahatan siber yang semakin terus meningkat mengakibatkan pentingnya peranan cyber security bagi perusahaan.  Cybersecurity incident response teams (CSIRT) telah menjadi pilar utama yang memberikan sejumlah manfaat bagi perusahaan. Dalam menghadapi ancaman keamanan siber yang semakin kompleks, perusahaan kini semakin menyadari pentingnya memiliki strategi keamanan yang efektif.

Konsultansi keamanan siber perusahaan menjadi solusi yang diandalkan untuk meningkatkan pertahanan dan melindungi aset digital. Berikut adalah lima dampak positif yang dapat dirasakan oleh perusahaan dengan implementasi kehadiran CSIRT.

Pertama, melindungi aset perusahaan. CSIRT berfungsi sebagai garda terdepan dalam mendeteksi dan merespon serangan keamanan. Kedua, manajemen risiko yang efektif. CSIRT membantu perusahaan dalam menganalisis risiko dengan mendalam setiap kali terjadi insiden keamanan.

Ketiga, pengurangan dampak keuangan dan downtime. Dengan mengurangi waktu downtime, perusahaan dapat menghindari kerugian finansial yang signifikan dan memastikan kelancaran operasional. Keempat, peningkatan kepatuhan dan reputasi. Kelima, pengembangan sumber daya manusia.

Dengan manfaat-manfaat tersebut, CSIRT bukan hanya menjadi tim tanggap darurat, melainkan mitra strategis yang berperan dalam menjaga keamanan digital, merancang strategi keamanan yang efektif, dan memastikan keberlanjutan serta kesuksesan perusahaan di era digital yang penuh tantangan ini.

MTM sebagai perusahaan ICT solution melalui layanan konsultansi keamanan siber yang profesional dan menyeluruh dapat membantu meningkatkan ketahanan perusahaan terhadap ancaman keamanan siber, melindungi aset digital, dan memastikan kelancaran operasional.

“Dengan mengadopsi pendekatan proaktif terhadap keamanan siber, perusahaan dapat mengurangi risiko dan membangun fondasi keamanan yang kokoh di dunia digital yang terus berkembang,” tulis manajemen MTM dalam siaran pers, Rabu (31/01/2024).

Sumber: https://investor.id/business/352665/waspada-ancaman-keamanan-siber-yang-makin-kompleks

Waspada Ancaman Keamanan Siber yang Makin Kompleks Waspada Ancaman Keamanan Siber yang Makin Kompleks Reviewed by zahrapkl on February 01, 2024 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.