Kapan Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2024 Dibuka? Cek Info Lengkapnya


 

 

Jakarta: Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) segera membuka pendaftaran sekolah kedinasan 2024. Yuk, simak informasi lengkap pendaftaran sekolah kedinasan tahun ini.

Sejumlah sekolah kedinasan sudah mengumumkan sedikit informasi pendaftaran seleksi sekolah kedinasan 2024. Berdasarkan pantauan Medcom.id dua sekolah kedinasan, yakni  Politeknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) dan Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN).
 
Kedua sekolah kedinasan tersebut memberikan informasi terkait syarat administrasi menggunakan hasil UTBK 2024 (Ujian Tulis Berbasis Komputer).
"Walaupun salah satu syarat  administratif pada SPMB PKN STAN tahun 2024 telah diputuskan akan menggunakan nilai UTBK-SNBT," dikutip dari siaran pers PKN STAN seperti dikutip Medcom.id, Rabu, 13 Maret 2024.

Jadwal Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2024

Dikutip dari laman resmi PANRB, diketahui bahwa pendaftaran akan dibuka di bulan Maret 2024. Namun, belum disebutkan tanggal pastinya untuk pembukaan pendaftaran.
 
“Rencananya, pendaftaran sekolah kedinasan akan dibuka pada bulan Maret 2024. Namun, waktu tersebut dapat berubah sesuai kesiapan dan dinamika yang terjadi,” tulis laman PANRB.
 
Instansi yang Membuka Pendaftaran 2024
 
Terdapat delapan instansi yang akan membuka pendaftaran sekolah kedinasan tahun ini. Kedelapan instansi tersebut, yaitu:
  1. Kementerian Hukum dan HAM
  2. Kementerian Keuangan
  3. Kementerian Perhubungan
  4. Kementerian Dalam Negeri
  5. Badan Intelijen Negara (BIN)
  6. Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN)
  7. Badan Pusat Statistik (BPS)
  8. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).
 

Tahapan Seleksi Sekolah Kedinasan 2024

Ada sejumlah tahapan yang mesti dilalui pendaftar mulai dari pendaftaran, seleksi kompetensi dasar (SKD) menggunakan Computer Assisted Test (CAT), hingga seleksi lanjutan yang pelaksanaannya diatur oleh masing-masing sekolah kedinasan. Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) rencananya digelar pada April hingga Mei 2024.
 
Pendaftaran dapat dilakukan melalui situs Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara Badan Kepegawaian Negara (SSCASN-BKN), yakni sscasn.bkn.go.id. Plt Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pan-RB, Aba Subagja, menuturkan seluruh tahapan seleksi sekolah kedinasan, mulai dari pendaftaran, pelaksanaan seleksi dengan CAT, hingga penentuan kelulusan sudah terintegrasi dan terkomputerisasi.
 
Tahapan seleksi seperti ini menutup celah kecurangan dan praktik calo. Aba juga mengingatkan pelamar tidak percaya dengan pihak-pihak yang menjanjikan kelulusan dalam seleksi sekolah kedinasan, apalagi sampai meminta sejumlah uang.

sumber :  https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/yNL1gwgb-kapan-pendaftaran-sekolah-kedinasan-2024-dibuka-cek-info-lengkapnya

 

Comments