Hacker Retas Situs SIPP Kemkes dan Deface Laman Web


 Jakarta - Laman web Situs Informasi Pelayanan Publik Kementrian Kesehatan (SIPP Kemkes) terkena serangan deface atau diubah tampilannya oleh hacker.

Saat masuk ke situs dengan link https://sipp.kemkes.go.id/x.html, penggunjung akan ditampilkan oleh laman web yang sudah di deface.

Adapun tampilan laman web tersebut diubah berwarna hitam, disertai dengan tulisan "Hacked by ./Mungiell // anoonsec Team".

Selin itu, pelaku peretasan (hacker) juga menyertakan tulisan sebuah kalimat berbunyi sebagai berikut: Telah hilng moral di negara ini, Telah gagal pahlawanku untuk membentuk negeri ini. Siapa yang pantas untuk disalahkan? Siapakah kini plipur lara, nan seti dan perwira. Siapakah kini pahlawaan hati, pembela bangsa sejati. 

"Iyaa lagi di cek ke Pusdatin. Nggak tahu juga apa betul diretas, lagi dicek lebih lanjut," ucap Siti Nadia Tarmizi saat dihubungi Liputan6.com, Minggu (25/9/2022.

Hingga tulisan ini di terbitkan, laman tersebut masih belum berubah dan menampilkan pesan si hacker.

Diketahui, laman web ini digunakan oleh Kemenkes sebagai bentuk sistem informasi publik yang berisikan tentang survey kepuasan.

Di sisi lain, pihak kepolisian di Inggris kabarnya telah menangkap hacker remaja yang dicurigai telah melakukan peretasan dan membocorkan video gameplay GTA 6.

Kabar penangkapan remaja berusia 17 tahun di Oxfordshire, Inggris ini disebutkan merupakan bagian dari penyelidikan oleh Unit Kejahatan Siber Nasional (National Cyber Crime Unit).

Sayangnya, pihak kepolisian menolak untuk memberikan informasi lebih detail mengenai penangkapan dan penyelidikan kasus peretasan apa.

Akan tetapi, mantan jurnalis Reuters Matthew Keys mendapatkan informasi dari sumber terkait dengan kasus penangkapan ini.

"Hacker yang ditangkap polisi London terkait erat dengan kasus peretasan Rockstar Games dan Uber Technologies," ucapnya sebagaimana dilansir Gamesradar, Sabtu (24/9/2022).

Dia juga menyebutkan, pihak kepolisian London dalam waktu dekat ini akan memberikan pernyataan secara resmi dan mendetail, juga akan disertai dari pihak FBI.

sumber : https://www.liputan6.com/tekno/read/5079698/hacker-retas-situs-sipp-kemkes-dan-deface-laman-web?page=3

 

 

 

Comments