BSI Alami Serangan Siber, Mabes Polri Tunggu Laporan

Jakarta -

Polri tengah mempelajari adanya dugaan serangan siber terhadap Bank Syariah Indonesia (BSI). Namun hingga kini belum ada laporan secara resmi yang diterima kepolisian terkait kasus itu.

"Sampai dengan hari ini dari pihak kepolisian belum menerima laporan khusus atau laporan yang terkait dengan masalah BSI tersebut," kata Kadiv Humas Polri Irjen Sandi Nugroho kepada wartawan, Rabu (17/5/2023).

Sandi menyebutkan pihaknya melakukan penyelidikan berdasarkan laporan polisi. Kini, polisi masih mengumpulkan data-data terkait serangan siber BSI.

"Kalau secara pribadi atau mungkin tim dari direktorat siber tentunya sudah mengumpulkan data-data terkait hal tersebut supaya nantinya kalau ada pertanyaan, ada laporan lebih lanjut pihak siber juga bisa menindaklanjuti segera mungkin," kata dia.

"Kami masih menunggu laporan lebih lanjut supaya menjadi dasar bagi kepolisian untuk melakukan upaya-upaya yang lain," tambahnya.

Sebelumnya, layanan perbankan milik BSI mengalami gangguan sejak Senin. Hingga kemarin, BSI terus berupaya memulihkan layanan.

Penyebab terganggunya layanan ini diungkapkan oleh Menteri BUMN Erick Thohir. Dalam keterangannya, dia menyebut ada serangan yang dilancarkan ke BSI sehingga membuat sistem bank bermasalah.

Erick mengungkapkan, dia telah mendapat laporan terkait gangguan tersebut. BSI sedang melakukan transisi perbaikan sistem IT. Namun juga ada serangan sehingga sistem down hingga hampir satu hari.

"Tapi saya tahu, saya pantau, pak Dirut dan timnya ada di sana dan terbukti kemarin pagi kalau tidak salah. Itu sistem ATM-nya sudah mulai jalan," jelas dia dalam keterangannya, Selasa (10/5).

"Laporannya seperti itu. Tapi kan kembali, lebih baik kita cek, jangan sampai dibilang serangan. Tetapi kemarin saya sudah cek dengan tim kami memang ada serangan seperti itu," ujarnya.

sumber : https://news.detik.com/berita/d-6725276/bsi-alami-serangan-siber-mabes-polri-tunggu-laporan#

Comments