Kadis Kominfo Tekankan Pentingnya Menjaga Informasi dari Serangan Siber


Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar diwakili Kepala Dinas Kominfo SP, Al Husain Mardani mengatakan, tujuan bimtek ini untuk memberikan pencerahan kepada SKPD, utamanya dalam menghadapi ancaman siber dengan melakukan pemetaan profil risiko keamanan siber di setiap SKPD.

Dijelaskannya, informasi telah menjadi aset penting dan sangat berharga bagi suatu pemerintah daerah. Keamanan informasi dapat diwujudkan dengan menjaga informasi dari serangan siber yang mungkin terjadi.

“Pelanggaran data atau serangan siber yang mengganggu dapat menyebabkan kerugian, tidak hanya bagi organisasi tetapi juga bagi konstituennya,” ujar Husain.

Dia berharap, melalui bimtek keamanan siber ini dapat memberikan SKPD strategi dalam menghadapi potensi risiko keamanan siber.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Statistik dan Persandian Dinas Kominfo SP Tanbu, Susi Marliana Dewi menambahkan, bimtek ini menghadirkan narasumber dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) yang pesertanya para pengelola dan pembuat website di seluruh SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu.

“Tujuannya untuk meningkatkan keamanan dan mengurangi potensi serangan pada website,” jelasnya.

Sementara itu, narasumber Sandiman Ahi Muda pada Direktorat Operasi Keamanan Siber BSSN, Rizki Yugitama menyebutkan, data dari Kominfo pertahun 2023 menunjukkan terdapat total 2.071.767 penanganan kasus konten negatif yang ada pada situs dan 1.553.642 pada media sosial.

Statistik tersebut menunjukkan, landscape ruang siber yang masih diwarnai konten negatif, dan paling banyak antara lain pornografi, perjudian, penipuan, dan pelanggaran intelektual.

“Social cyber security tidak bisa hanya diselesaikan oleh satu instansi, perlu adanya kerjasama dan peran bersama,” tandasnya.

sumber : https://megapolis.id/2024/06/19/kadis-kominfo-tekankan-pentingnya-menjaga-informasi-dari-serangan-siber/

 

Comments